Cara Siasati Harga Printer Canon Agar Lebih Hemat

Canon dikenal sebagai salah satu merek printer terbaik dengan kekuatan yang bisa diandalkan, plus masa pakai yang panjang. Makanya, tidak heran juga kalau harga printer Canon bisa lebih tinggi dari yang lain. Walaupun mahal dan murah itu relatif, namun tidak ada yang bisa menolak harga beli dan biaya perawatan yang hemat, kan? Kalau bisa menghemat biaya perawatan dan penggunaan maka berapapun harga printer yang kamu bayarkan di awal tidak akan terasa memberatkan. Yuk, simak cara menyiasati harga printer yang kamu beli supaya tetap bikin hati dan dompetmu happy.

  • Kenali kebutuhanmu

Tidak semua printer murah itu mengecewakan, dan tidak semua printer mahal sesuai dengan kebutuhan. Artinya, jangan memberikan patokan baku mengenai harga printer Canon yang ingin kamu beli. Selain melihat uang yang harus dikeluarkan di awal, pastikan printer pilihanmu itu memenuhi kebutuhan sehari-harimu.

Misalnya saja, setiap harinya kamu memerlukan printer dengan kecepatan cetak yang bagus dan hasil printing tajam. Dalam hal ini, printer laser cocok buat kamu kendati harganya memang lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Sedangkan bila kamu melakukan banyak kegiatan di samping printing, misalnya fotokopi atau memindai dokumen maka printer all in one adalah yang terbaik bahkan dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Pertimbangkan biaya operasional

Harga printer tidak melulu soal jumlah uang yang kamu bayarkan di kasir saat membeli. Besarnya biaya operasional yang harus dikeluarkan setiap bulannya juga menjadi aspek yang mempengaruhi pengeluaranmu untuk printer. Itulah sebabnya, ketahui kemampuanmu dan pikirkan biaya operasional yang wajib dialokasikan.

Buat kamu yang malas melakukan perawatan detail, printer dengan sistem ink tank alias infus adalah pilihan menarik sebab penggunaan tintanya lebih hemat. Dengan begini kamu tidak perlu mengganti tintanya setiap bulan apalagi kalau printer tidak sering dipakai. Sebaliknya, jika ingin membayar murah di depan dan tidak keberatan dengan biaya operasional maka printer inkjet juga boleh banget menjadi pilihanmu. Jangan sampai tinta habis tanpa sisa ya, karena akan menyebabkan kekeringan yang bikin kamu harus mengganti cartridgenya sekalian yang pasti lebih mahal daripada hanya mengisi tinta.

  • Pastikan ada garansi

Karena berbagai hal printer baru yang usia pakainya masih sebentar juga bisa mengalami kendala, mulai dari tinta yang tidak keluar hingga kualitas cetakan yang tidak lagi jelas. Untuk menghemat pengeluaranmu di aspek perawatan, pastikan printer yang kamu beli memiliki garansi resmi dari pabrik. Syukur-syukur jika toko tempatmu membeli juga memberikan garansi toko atau distributor. Dengan adanya garansi, kerusakan di awal masa penggunaan tidak akan membuat kamu mengeluarkan uang lagi sehingga harga printer Canon tidak membengkak jika diakumulasi.

Perawatan Printer Canon Sehari-hari

Seperti yang sudah disebutkan di awal, harga printer Canon secara keseluruhan akan dipengaruhi juga oleh biaya perawatan yang kamu keluarkan setiap bulannya baik untuk mengisi ulang tinta ataupun servis karena kerusakan. Supaya biaya perawatan tetap terkendali dan bahkan tidak ada sama sekali, pastikan kamu melakukan daily maintenance berikut ini:

  • Tempatkan di lokasi yang tepat

Walaupun kelihatannya sepele namun penempatan printer akan mempengaruhi usia pakai dan kualitas performanya. Pastikan printer diletakkan di sudut atau lokasi yang tidak tersenggol anggota keluarga yang lalu lalang di sekitar meja kerjamu. Jauhkan juga perangkat ini dari udara panas atau sumber debu, misalnya saja kipas angin. Debu dan panas yang intens dapat mempengaruhi kualitas hasil cetakan jangka panjang.

  • Jaga kebersihannya

Semua barang elektronik harus dijaga kebersihannya supaya debu atau kotoran lain tidak mengganggu performanya. Begitu juga dengan printer yang kamu punya. Lap dengan kain bersih dan lembut terutama di bagian yang terpapar udara luar. Jika tidak digunakan, tutup pinter dengan taplak, kain atau plastik yang melindungi setiap bagiannya dari debu maupun jenis kotoran yang lain.

  • Matikan jika tidak diperlukan

Printer juga bisa merasa “panas” jika terlalu lama dinyalakan. Apalagi jika menyala tanpa digunakan, bukan hanya mesin printer saja yang overheat, namun penggunaan listrik juga pasti meningkat. Maka dari itu, jangan lupa mematikan printer saat tidak digunakan dalam waktu lama. Sebaliknya, jika sering digunakan dalam satu hari, biarkan menyala karena menekan tombol on-off terlalu sering akan membuat tinta cepat habis.

Harga printer Canon secara keseluruhan bisa jadi lebih hemat atau justru boros tergantung dari bagaimana kamu memperlakukannya. Pastikan kamu memilih printer sesuai kemampuan dan kebutuhanmu, plus melakukan maintenance yang dibutuhkan supaya jangka waktu penggunaannya lebih panjang dan biaya perawatan bisa ditekan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.