Kasus Kerumunan Massa di Waterboom Lippo Cikarang Dilimpahkan menuju Polres Metro Bekasi

Kasus kerumunan massa yang terjadi di Waterboom Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/1/2021) telah dilimpahkan ke Polres Metro Bekasi. Hal tersebut diungkapkan Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Sukadi. Disinggung mengenai akan adanya sanksi pidana yang dikenakan kepada pihak pengelola Waterboom Lippo Cikarang, Sukadi tak berkomentar banyak.

Dia hanya menegaskan hal tersebut saat ini menjadi ranah dari Polres Metro Bekasi. Sementara sanksi langsung yang dikenakan kepada Waterboom Lippo Cikarang adalah berupa penutupan sementara tempat rekreasi tersebut dengan police line. "(Soal sanksi pidana) Itu Polres Metro Bekasi. Tapi sanksi secara langsung tadi sudah di police line juga. Ditutup sementara," jelas Sukadi.

Penyebab timbulnya kerumunan massa di Waterboom Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Minggu (10/1) kemarin, terungkap. Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Sukadi mengatakan kerumunan massa timbul akibat adanya diskon harga tiket dari pihak Waterboom Lippo Cikarang. "Pengelola waterboom itu melakukan inovasi yaitu dengan cara tiket masuk didiskon," ujar Sukadi, kepada wartawan, Senin (11/1/2021).

Harga tiket yang turun drastis akibat diskon ditengarai berpengaruh besar pada banyaknya pengunjung yang mendatangi Waterboom Lippo Cikarang. Adapun pihak pengelola menjual tiket dengan diskon besar secara online. Harga normal tiket Waterboom Lippo Cikarang diketahui Rp95 ribu. Namun diskon membuat harganya hanya Rp10 ribu. "Dari harga tiket normal Rp95 ribu menjadi Rp10 ribu. Nah penjualan tiketnya pun secara online," jelas Sukadi.

Akibatnya, pengunjung yang datang di Waterboom Lippo Cikarang pada Minggu (10/1) mencapai 2.700 orang. Hal itu menyalahi aturan, dimana selama pandemi Covid 19 Waterboom Lippo Cikarang hanya diperbolehkan menerima pengunjung sebanyak 250 500 orang dari kapasitas asli sebanyak 7.000 orang. Bahkan, Sukadi mengatakan pengunjung yang mendatangi Waterboom Lippo Cikarang tak hanya dari Bekasi. Ada pula pengunjung yang datang dari Jakarta.

"Masyarakat bukan hanya dari Bekasi, tapi dari Jakarta dan Bekasi Kota juga ada. Jadi numpuk dan terpaksa kita bubarkan," tandasnya. Sebelumnya diberitakan, kepolisian membenarkan bahwa pengunjung Waterboom Lippo Cikarang, Kabupaten Bekasi, pada Minggu (10/1) kemarin, harus dibubarkan karena menimbulkan kerumunan massa. Kapolsek Cikarang Selatan Kompol Sukadi mengatakan pengunjung yang berada di tempat rekreasi tersebut mencapai ribuan jumlahnya.

"Iya, pengunjungnya mencapai ribuan," ujar Sukadi, kepada wartawan, Senin (11/1/2021). Sukadi mengatakan Waterboom Lippo Cikarang sendiri awalnya tetap diizinkan beroperasi dengan pembatasan pengunjung. Saat normal, Waterboom Lippo Cikarang diketahui dapat menampung hingga 7.000 pengunjung.

Hanya saja, pandemi Covid 19 membuat kapasitas pengunjung dibatasi antara 250 500 orang. Akibat insiden tersebut, GM Waterboom Lippo Cikarang hingga manajer tiket dimintai keterangan oleh kepolisian. "Kami terapkan Undang Undang Nomor 6 Tahun 2018 Pasal 93 terkait kekarantinaan kesehatan. Nanti pengembangan kasusnya, terkait pasal pasal berapa yang diterapkan, nanti pengembangannya dari krimsus Polres Metro Bekasi," jelasnya.

Sukadi juga mengatakan ada sanksi yang langsung dikenakan selepas timbulnya kerumunan massa di Waterboom Lippo Cikarang yakni penutupan sementara waktu. "Sanksinya juga sekarang pak Kapolres, Bupati sama Dandim mendatangi waterboom untuk ditutup sementara, itu sanksinya," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Laga Potensial Man City & Spurs Live Mola TV Jadwal Siaran Langsung Liga Inggris Malam Ini

Wed Jan 13 , 2021
Simak jadwal siaran langsung pertandingan lanjutan Liga Inggris yang akan digelar pada Kamis, 14 Januari 2020, dinihari nanti. Manchester City dan Tottenham Hotspur dijadwalkan akan sama sama melakoni laga kandang pada pekan potensial kali ini. Manchester City akan menjamu Brighton & Hove Albion di Stadion Etihad, markas kebanggaan The Citizens. […]