Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi yang Kerap Diabaikan

Gejala kolesterol tinggi kerap diabaikan oleh sebagian besar orang, terutama karyawan, dan menganggap hal tersebut sebagai keluhan kesehatan ringan. Padahal, kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan komplikasi gangguan kesehatan yang serius. Untuk itulah, banyak perusahaan yang menggunakan asuransi kesehatan karyawan sebagai antisipasi kondisi perburukan kesehatan para pekerjanya.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang gejala kolesterol tinggi, penting untuk Anda ketahui apa saja penyebabnya. Berikut ini merupakan faktor yang dapat menyebabkan kolesterol Anda melebihi batas normal berdasarkan situs media Kompas:

  • Faktor keturunan,
  • Pola makan tidak sehat,
  • Jarang melakukan aktivitas fisik atau berolahraga,
  • Obesitas, serta
  • Merokok atau minum minuman beralkohol secara berlebihan.

Gejala Kolesterol Tinggi

Penyakit kolesterol tinggi juga kerap disebut sebagai hiperlipidemia. Biasanya, penderita penyakit ini tidak menunjukkan gejala yang khusus sehingga Anda perlu memiliki asuransi kesehatan sebagai jaminan. Berikut ini, beberapa gejala kolesterol tinggi yang patut Anda waspadai berdasarkan situs media Kontan:

1. Mudah Mengantuk

Apakah Anda mudah merasa mengantuk? Bisa jadi itu pertanda bahwa Anda menderita hiperlipidemia. Karena terdapat kolesterol yang menyumbat pembuluh darah, sehingga asupan oksigen yang dialirkan melalui aliran darah ke otak akan berkurang. Inilah yang menyebabkan penderita hiperlipidemia jadi mudah mengantuk.

2. Mudah Merasa Lelah

Rasa lelah yang sering juga merupakan gejala kolesterol tinggi yang kerap diabaikan. Hal ini diakibatkan oleh adanya plak pada pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke jaringan tubuh jadi berkurang.

Bila Anda sering merasa lelah, sebaiknya segera mendaftarkan diri pada salah satu penyedia asuransi kesehatan sebagai langkah antisipasi. Jika suatu saat nanti ada kondisi kesehatan yang mengharuskan Anda mendapatkan perawatan kesehatan dengan biaya tinggi, Anda tidak lagi pusing soal biaya.

3. Pegal pada Tengkuk

Jika Anda merasa pegal-pegal pada bagian tengkuk, maka Anda patut mewaspadainya. Sebab, bisa jadi itu adalah gejala kolesterol tinggi. Karena biasanya, leher atau tengkuk merupakan bagian yang rawan terjadi penumpukan plak pembuluh darah yang menyebabkan kurangnya aliran darah menuju otak.

4. Dada Terasa Nyeri

Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan penumpukan plak di pembuluh darah jantung. Inilah yang menyebabkan penderita hiperlipidemia bisa merasakan nyeri dada.

Jika dibiarkan, lama kelamaan kondisi ini akan membuat penderita berisiko mengalami serangan jantung. Maka, sebagai langkah awal sebelum penyakit Anda semakin parah, lengkapi diri Anda dengan asuransi kesehatan untuk mendapatkan layanan kesehatan yang komprehensif.

5. Xanthoma

Jika Anda menemukan adanya gumpalan lemak di bagian bawah kulit, terutama di bagian kaki, tangan, persendian lutut dan siku, atau bokong, bisa jadi itu merupakan xanthoma yang disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol. Biasanya, xanthoma memiliki ciri-ciri berupa benjolan berwarna kuning.

Gejala Kolesterol Tinggi Manakah yang Pernah Anda Alami?

Itulah 7 gejala kolesterol tinggi yang kerap diabaikan, padahal terdapat risiko gangguan kesehatan serius yang mengintai penderitanya. Jadi, mulai sekarang jangan abaikan gejala ini. Sebagai langkah awal untuk antisipasi terjadinya risiko kesehatan serius, maka alangkah baiknya jika Anda memiliki asuransi kesehatan.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.