Lakukan 5 Hal Ini Cara Mudah Mengatasi Mulut yang Terasa Pahit Saat Sakit

Berikut ini cara mudah mengatasi mulut yang terasa pahit ketika sedang sakit. Dikutip dari Bustle , mulut terasa pahit saat sakit merupakan hal yang lumrah. Kondisi tersebut terkait dengan sistem daya tahan tubuh manusia.

Ketika terkena infeksi atau muncul peradagan, tubuh akan mengeluarkan protein sitokin dari sistem imun yang disebut tumour necrosis factor (TNF). Sitokin atau protein yang membantu sel daya tahan tubuh ini membantu tubuh melawan penyakit. Pelepasan protein TNF dapat meningkatkan kepekaan rasa, sehingga terkadang mulut terasa lebih pahit saat sakit.

Dikutip dari Medical News Today , mulut terasa pahit tak hanya berasal dari penyakit. Mulut kering Masalah pada gigi dan mulut

Perubahan hormon selama hamil Menopause Asam lambung naik

Seriawan atau sariawan Stres dan cemas Gangguan saraf

Efek samping obat atau suplemen tertentu Dilansir Cleveland Clinic , usahakan untuk minum cukup air putih setiap hari, terlebih saat Anda sakit. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat membuat rasa pahit di mulut saat sakit terasa lebih parah.

Untuk itu, pastikan minum air putih setidaknya enam sampai delapan gelas per hari. Merokok tak hanya membuat mulut semakin pahit saat sakit, namun juga dapat memicu penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan kanker. Jika saat ini Anda masih merokok, berhentilah sekarang juga demi kesehatan yang lebih prima.

Lakukan beberapa program berhenti merokok di klinik khusus, atau sejumlah puskesmas yang telah memiliki program layanan berhenti merokok. Cara mengatasi mulut terasa pahit saat sakit lainnya adalah membersihkan mulut sampai tuntas. Pastikan Anda menggosok gigi dengan benar, gunakan benang pembersih sela sela gigi, berkumur menggunakan obat kumur atau larutan air garam, atau jika perlu bersihkan lidah Anda.

Kebersihan gigi dan mulut yang tidak dijaga dapat memperburuk kondisi mulut terasa pahit dan asam. Penyebab mulut terasa pahit juga bisa berasal dari penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD). Asam lambung yang naik dari perut ke kerongkongan dapat menyebabkan mulut terasa pahit.

Cara lain untuk menghilangkan mulut terasa pahit yakni mencegah asam lambung naik. Cobalah ubah pola makan dan gaya hidup Anda menjadi lebih sehat. Hindari makan berlebihan, makan dengan porsi kecil tapi sering, serta tidak makan sebelum tidur.

Hindari makanan dan minuman pemicu asam lambung naik seperti makanan pedas dan asam, kopi, teh, dan minuman berkafein lainnya. Menghilangkan rasa pahit di mulut juga bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet. Makan permen karet dapat merangsang produksi air liur agar mulut senantiasa basah.

Hal yang perlu diperhatikan, pilih permen karet bebas gula agar kadar gula darah tetep terjaga. Mulut terasa pahit saat sakit umumnya bukan masalah kesehatan yang perlu dikhawatirkan. Apabila sudah mencoba beberapa cara di atas namun belum berhasil dan kondisi tersebut terasa mengganggu, segera konsultasikan ke dokter.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Warga Langsung Heboh Pembeli Dibacok Pemilik Warung hingga Koma Beli Rokok tapi Uang Kurang

Tue Dec 29 , 2020
Seorang pemilik warung berinisial S (21) nekat . Peristiwa itu terjadi di sebuah warung, Jalan Ki Hajar Dewantoro, Cipondoh, Tangerang pada Senin (28/12/2020) malam. Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Cipondoh AKP Maulana Mukarom. Ia menjelaskan, S merupakan pemilik warung. Sedangkan, korban yang dibacok adalah pembeli di warung S. Senin malam, […]