Sejumlah Daerah Masih Berpotensi Diguyur Hujan Lebat & Banjir Hingga 11 Februari 2021 BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini terkait potensi hujan lebat yang dapat berdampak banjir di sejumlah daerah sejak 9 hingga 11 Februari 2021. "Beberapa daerah masih berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada Selasa (9/2/2021)," ujar Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Harry T Djatmiko melalui keterangan tertulis, Selasa (9/2/2021). Daerah tersebut, adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan.

Serta Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua. "Kondisi yang sama juga berpotensi terjadi di daerah daerah tersebut pada 10 hingga 11 Februari kecuali Aceh dan Sumatera Utara," kata Harry. Sementara wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada 9 Februari yaitu DKI Jakarta, Maluku Utara dan Papua Barat.

Pada 10 Februari berpotensi terjadi di Riau, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Tengah hingga 11 Februari juga termasuk Sulawesi Selatan. Berdasarkan potensi hujan dan hujan lebat di sejumlah daerah tersebut, perlu diwaspadai adanya dampak banjir maupun banjir bandang yang dapat berpotensi terjadi di Banten (siaga), Jawa Barat (siaga), Jawa Tengah (siaga), Jawa Timur (siaga), Aceh (waspada), Sumatera Utara (waspada), Jambi (waspada), Bengkulu (waspada), Sumatera Selatan (waspada), Lampung (waspada). Begitu juga dengan wilayah DKI Jakarta (waspada), DI Yogyakarta (waspada), Bali (waspada), Nusa Tenggara Barat (waspada), Kalimantan Utara (waspada), Kalimantan Timur (waspada), Kalimantan Tengah (waspada), Kalimantan Selatan (waspada), Nusa Tenggara Timur (waspada), Sulawesi Tengah (waspada), Sulawesi Selatan (waspada) dan Papua (waspada).

Sebelumnya BMKG telah memprakirakan puncak musim hujan terjadi pada Januari Februari 2021, disertai dengan fenomena La Nina dan sejumlah fenomena lainnya yang berdampak terjadinya cuaca ekstrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

VIRAL Santri Beri Amplop Berisi Uang Rp 200 Ribu pada Ibu setelah Tahu Kondisi Ekonomi Keluarga

Tue Feb 9 , 2021
Kisah santri memberi uang Rp 200 ribu untuk membantu keluarga, menjadi viral di media sosial. Hal tersebut diketahui dari unggahan akun TikTok @callme_mida0, Jumat (5/2/2021). Video viral itu diunggah oleh Hermida (19) dari Jambi. Ia merupakan kakak dari santri bernama Zonata Fitorio (13). Kejadian itu bermula saat orang tuanya mengunjungi […]