Meski Pandemi Neraca Perdagangan Meningkat dengan Selandia Baru Dubes Tantowi

Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya memaparkan neraca perdagangan Indonesia dengan Selandia Baru mengalami peningkatan di tengah pandemi Covid 19. "Total perdagangan Indonesia dari 2016 2021 mengalami peningkatan 3,98%," ujar Tantowi. Tantowi menerangkan meski terjadi pandemi Covid 19, neraca perdagangan juga mengalami peningkatan antara Indonesia dengan Selandia Baru.

"Tahun 2020 mencapai USD 1,2 miliar, peningkatan USD 25 juta atau 2,1%. Terjadi disaat pandemi. Tidak menghalangi dinamika perdagangan antar kedua negara," tutur Tantowi. Untuk meningkatkan lagi neraca perdagangan, ucap Tantowi, Indonesia dirasa perlu mulai ekspor produk produk dengan teknologi tinggi, seperti mesin pertanian untuk membongkar sawah. Selain itu, Indonesia juga bisa ekspor di bidang yang berbasis maritim dan berbasis perikanan. Menurut Tantowi, saat ini Selandia Baru juga telah menggunakan trafo dari Indonesia terkhusus berasal dari Bogor.

"Sudah masuk selama lima tahun terakhir trafo, sekali masuk itu nilainya USD 400 juta. Bangga kami katakan pusat pembangkit listrik di Selandia Baru, trafo buatan dari Bogor ikut menerangi Selandia Baru," tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Menparekraf Sandiaga Kembangkan Ekosistem Industri Halal di Destinasi Pariwisata Prioritas  

Tue Apr 6 , 2021
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan wisatawan muslim yang datang ke Indonesia selama ini didominasi dari negeri tetangga. Menurutnya, Malaysia dan Singapura memiliki jumlah warga muslim cukup banyak dan seringkali berkunjung ke tanah air. "Wisatawan muslim kita didominasi dari Malaysia dan Singapura di […]