Berniat Punya Bisnis Kuliner Sendiri? Pelajari Hal Berikut!

Kamu berencana membuat bisnis kuliner sendiri? Memang bisnis kuliner memiliki potensi yang menjanjikan. Karena bisnis kuliner adalah salah satu jenis usaha yang tidak pernah mati dan sepi dari peminat. Kuliner sendiri merupakan salah satu kebutuhan primer, di mana setiap orang pasti kalau ada makanan yang menggugah selera, pasti akan dicari. Namun, apa saja sih hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum terjun langsung ke bisnis kuliner selain memiliki modal yang bisa kamu pinjam di kredit fintech untuk membeli segala kebutuhan bisnis kuliner? Mari simak ulasannya!

 

  1. Membuat business plan. Sebelum benar-benar menjalankan bisnis kuliner, sebaiknya kamu membuat business plan terlebih dahulu. Business plan akan membantu kamu mengidentifikasi bisnis kuliner kamu ke depannya, business plan juga bisa dijadikan acuan kamu untuk investor jika kamu membutuhkan modal nantinya. Isi dari business plan sendiri adalah branding, target pasar, identitas brand, jenis kuliner yang dijual dan sistem operasional, serta target market. Hal tersebut harus kamu pikirkan secara matang. Selain itu, tidak lupa untuk menu yang akan disajikan dan bubuhkan logo khas dari bisnis-mu.
  2. Mengelola keuangan secara matang. Tidak hanya pengelolaan keuangan secara pribadi yang harus bisa kamu kuasai, jika ingin membuka bisnis apapun, kamu juga harus menguasai cara mengelola keuangan untuk bisnis. Hal ini agar kamu ke depannya bisa mengetahui keuntungan setiap hari, minggu, atau bulan. Lalu, kamu juga bisa mengatur gaji untuk karyawan jika kamu sudah membutuhkan tambahan tenaga. Selain itu, kamu juga bisa mengalokasikan uang untuk kebutuhan promosi dan branding. Ke depannya kamu sudah bisa memproyeksikan kira-kira berapa keuntungan dan kebutuhan lainnya yang berkaitan dengan bisnis kuliner-mu.
  3. Menentukan harga. Nah, yang satu ini juga penting untuk diketahui. Dengan begitu, kamu bisa memberikan harga yang kompetitif sehingga kamu tidak terlalu mahal menjajakan kuliner kamu di pasaran. Untuk menentukan harga, kamu bisa riset terlebih dahulu dengan kompetitor. Selain itu, kamu juga bisa menentukan dari modal yang sudah kamu keluarkan untuk membuat kuliner tersebut. Jangan lupa, kamu juga sudah harus menghitung berapa keuntungan yang dijual dari setiap makanan yang kamu jual, ya!\
  4. Lokasi usaha yang strategis. Kamu harus bisa mencari lokasi strategis untuk bisnis kuliner kamu. Cari lokasi yang banyak dikunjungi dan sering dilalui oleh banyak orang. Namun, dalam penentuan lokasi usaha ini, kamu juga harus memperhitungkan modal bisnis. Alih-alih bisa membeli perlengkapan dan bahan baku, uang modal malah habis karena untuk sewa atau membeli tempat yang harganya mahal dan modal menjadi terkuras. Salah satu alternatifnya adalah kamu bisa menjual secara online atau mencari tempat usaha mitra.

 

Jika usaha kamu semakin berkembang ke depannya, ada baiknya kamu mulai memikirkan untuk mengurus pajak, mengurus izin P-IRT, dan produk baru yang bisa menggait calon konsumen dan konsumen lama untuk tetap setiap dengan produk kuliner dari bisnis kamu. Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Next Post

Cek ongkos kirim ke malaysia dan Cara Melacak Paket Pengiriman Barang!

Thu Jun 24 , 2021
Cek ongkos kirim ke malaysia dan Cara Melacak Paket Pengiriman Barang! Pengiriman ke Malaysia kerap dilakukan oleh para pelaku bisnis dan penjual di Indonesia.  bukan tanpa sebab dan alasan Malaysia memang dikenal sebagai salah satu negara yang sangat akrab dengan Indonesia.   Budaya orang Malaysia juga hampir mirip dengan Indonesia Seperti […]